Tentang Kami

Visi dari MTs. Al – Ishlah Tengguli adalah: TERWUJUDNYA GENERASI YANG CERDAS, BERKUALITAS DAN BERAKHLAQ ISLAMI

  1. Melaksanakan pembelajaran berbasis agama, budaya, dan ilmu pengetahuan secara luas dan berkesinambungan.
  2. Menerapkan nilai-nilai agama, kebangsaan, sosial dan budaya dalam rangka pembentukan generasi yang bekualitas, berkepribadian nasionalis, bertoleransi, berwawasan global, dan berfikir rasional.
  3. Mengintegrasikan proses pendidikan semesta dengan dasar-dasar keimanan, ketaqwaan, kepedulian sosial, dan kepekaan lingkungan.
  4. Menumbuhkembangkan sikap dan amaliah keagamaan Islam ala Ahlussunnah Wal Jama’ah An-Nahdliyah

SEJARAH SINGKAT MTs. AL – ISHLAH TENGGULI

Kalitelon, sebagai sebuah dukuh di Desa Tengguli, memiliki potensi sumber daya manusia untuk dikembangkan. Sedangkan di saat yang bersamaan jarak dari madrasah lanjutan terdekat cukup jauh dari lokasi dan biayanya juga cukup mahal. Sehingga Yayasan Pendidikan Islam Al – Ishlah Tengguli yang telah memiliki madrasah tingkat dasar (Madrasah Ibtidaiyah) berinisiatif untuk mendirikan madrasah lanjutan (Madrasah Tsanawiyah) untuk mewujudkan islam yang rahmatan lil’alamin di Dukuh Kalitelon yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat Kalitelon yang ingin mengenyam pendidikan serta memiliki ketaatan kepada Allah SWT. Serta dengan semangat ingin mewujudkan umat islam yang berpendidikan dapat ditempuh diantaranya dengan pendidikan formal dan untuk merelaisasikannya Yayasan Pendidikan Islam “AL ISHLAH” Bangsri bermaksud mendirikan Madrasan Tsanawiyah AL ISHLAH.

 

 

Madrasah Tsanawiyah Al – Ishlah Tengguli, secara de facto berdiri sejak tanggal 20 Juni 2013 dan telah memulai pembelajaran pada tahun ajaran 2013/2014 dan sebagai Kepala Madrasah pertama adalah Bapak Ishaq, S.Pd.I yang pada saat yang bersamaan juga menjabat sebagai Kepala MI Al – Islah. Akan tetapi secara de jure madrasah ini diakui keberadaannya oleh Kementerian Agama pada tanggal 09 Januari 2015 sesuai SK Ijin Operasional nomor 122 Tahun 2015 dan piagam Ijin Operasional nomor D/Kw/MTs/372/2015 tertanggal 09 Januari 2015.

 

Seiring dengan perkembangan waktu, semenjak dikeluarkannya ijin opersional oleh Kanwil Kemenag Provinsi Jawa Tengah, pembenahan terjadi di segala bidang. Rekrutmen tenaga pendidikan dan tenaga kependidikan yang sesuai dengan linearitasnya serta pembenahan tata organisasi dan administrasi dilakukan secara besar-besarnya. Pembenahan dan pemenuhan standard pelayanan minimal pendidikan, diantaranya pemenuhan sarana dan pra-sarana dan lain sebagainya. Dan Alhamdulillah pada tahun 2017 YPIAT mendapat bantuan hibah dari Pemerintah Kabupaten Jepara yang diperuntukkan pembangunan Ruang Kelas Baru yang saat ini dimanfaatkan untuk gedung MTs.  Hingga akhirnya pada tanggal 25 Mei 2017 dilaksanakan pemilihan Kepala Madrasah di bawah naungan YPIAT secara serentak termasuk kepala MTs. Dan terpilih sebagai Kepala Madrasah yang baru adalah Bapak Riyan Aziz Salafuddin, S.Pd yang secara definitive SK Pengangkatannya per tanggal 01 Juli 2017 untuk masa khidmah 2017 – 2021.

 

Selama kurun waktu 2013 sampai dengan 2017, MTs. Al – Ishlah tiada henti-hentinya menorehkan prestasi. Mulai dari lomba kaligrafi tingkat kecamatan sampai kabupaten dan selalu mendapat juara I dari tahun pertama 2013 sampai tahun 2017. Kemudian pada tahun 2014 berhasil mendapat juara III lomba cipta puisi tingkat kabupaten, dan tahun 2015 juara II lomba Pencak Silat tingkat Karesidenan Pati baik putra maupun putri. Kemudian pada tahun 2016 merambah ke Pidato Bahasa Inggris yang menyabet juara III tingkat kabupaten, Olimpiade IPS juara Harapan I dan Olimpiade Matematika di juara Harapan II tingkat kabupaten.

 

Tidak hanya di bidang Non-Akademik, secara akademik walaupun secara penyelenggaraan Ujian Nasional masih menggabung, tapi secara berturut-turut selama 3 kali pelaksanaan UN, MTs Al – Ishlah tidak pernah lepas dari 20 besar untuk tingkat SMP/MTs, bahkan untuk tahun 2018 ini, MTs. Al – Ishlah memperoleh peringkat 14 UN tingkat SMP/MTs dan peringkat 4 untuk tingkat MTs se-Kabupaten Jepara.

 

Sebagai madrasah yang baru berdiri dan terletak di daerah pelosok pinggiran Kabupaten Jepara, tapi kualitas tetap menjadi hal utama untuk terus dipacu, sebagaimana visi MTs. Al – Ishlah, “Terwujudnya generasi yang cerdas, berkualitas dan berakhlaq Islami”.

View Detail

Contact Us